Menjelang Hari Raya Idul Adha, Ponpes Kiai Marogan Luncurkan Program Patungan Berqurban


 

SUMSELPOST.COM | PALEMBANG, Menyambut  hari Raya Idul Adha, Ponpes Tahfidz Kiai Marogan di Jalan Yusuf Zein RT 17 RW 06 Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang, mengadakan program mari patungan hewan qurban sapi untuk 10 orang.

Pengurus Ponpes Tahfidz Kiai Marogan ustadz Rohman mengatakan, program itu yakni dimana tiap orang bisa menyumbangkan uang sebesar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Kemudian daging qurban akan di salurankan kepada masyarakat muslimin dan muslimat.

Selain patungan sapi ada juga hewan qurban kambing. Untuk harga kambing sendiri dari harga Rp 2,5 juta sampai Rp 7 juta. Sedangkan untuk harga perekor sapi dari Rp 16 juta sampai Rp 35 jutaan.

Bisa memotong sendiri dirumah atau masjid. Nanti pihaknya akan mengantarkan ke rumah yang memesan hewan qurban. Bisa juga menyerahkan sepenuhnya kepada pihak ponpes, untuk melaksanakan pemotongan dan menyalurkan daging qurban tersebut.

“Hewan qurban yang kita sediakan semuanya sudah layak untuk di qurban kan. Dari segi usia sudah dua tahun, tidak ada cacat dan segar dan sehat. Dari hewan qurban yang sehat akan menghasilkan daging yang segar dan bergizi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam hal qurban sendiri sudah ada dalam ayat yang berbunyi. “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (Quran Surat Al-Hajj Ayat 34).

Kemudian diperjelas melalui beberapa hadits dari yang mulia Nabi Muhammad, Salah satu hadits yang sering dikenal di kalangan masyarakat adalah “Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala kurban yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah kurban.” (HR.Al-Hakim, Ibnu Majah dan at-Tirmidzi).